Selasa, 06 Juli 2010

REVIEW FILM CLASSIC, DIE HARD 2 : DIE HARDER (1990)

Pemain : Bruce Willis, Bonnie Bedelia, William Atherton, William Sadler, Reginald VelJohnson, Franco Nero
Director : Renny Harlin
Producers : Lawrence Gordon, Lloyd Levin, dan Oliver Wood
Composer : Michael Kamen
Total Pendapatan (Amerika) : $117,540,947
Distributor: Fox
Release Date : 06 Juli 1990
Genre: Action, Thriller
Runtime : 124 Menit
MPAA Rating : R
Production Budget : $70 Juta
_
Tepat hari ini 06 Juli 1990 sebuah film sekuel dirilis berjudul Die Hard 2 : Die Harder, melanjutkan tradisi polisi gaek untuk membekuk begundal-begundal tengik yang berkeliaran bebas dijalanan. Sekuel yang terbilang sukses mengingat hanya berbiaya 70 juta dan mampu menguras dompet penonton 117 juta hanya untuk wilayah Amerika saja, angka yang menggiurkan, terbukti hingga tahun 2007 lalu seri action laga ini masih terus dibuat dengan judul terbaru Die Hard 4 atau Live Free Or Die Hard, tentu penampilan Bruce Willis pun juga sudah semakin tua. Bercerita tentang pembajakan bandara oleh para teroris yang mengingkan sesuatu, dipimpin oleh Stuart (Sadler). Seperti biasa John McLaine (Bruce Willis) berada ditempat dan waktu yang salah, istrinya masih berada didalam pesawat. Tanpa lampu landasan, pesawat tidak mungkin mendarat, terlalu berbahaya namun yang lebih berbahaya lagi adalah menipisnya bahan bakar pesawat tadi, John McLaine harus bergerak cepat.

Tampil nekad dan hanya berdasarkan feeling adalah ciri khas McLaine, lama malang melintang mengurusi penjahat mungkin telah mengakar dan menjadi isnting alamiahnya. Uniknya semua aksi John sangat susah untuk ditiru, dia adalah superhero Amerika. Anti peluru, anti lecet, mempan segala macam senjata, itulah MacLaine kita yang sakti mandraguna namun sedikit menghina akal sehat kita, nilai minus lainnya terdapat pada bangunan cerita dan akting pemainnya yang tidak terlalu istimewa. Nilai plus hanya disumbangkan oleh adegan filmnya yang pernah dicap sebagai film action terbaik dijamannya, terbukti lumayan seru dan menegangkan, sangat menarik melihat hal itu sekarang, apalagi jika membandingkannya dengan Die Hard 4 yang tambah tidak masuk akal itu. Selain melaju kencang ditangga Box office, Micahel Kamen sang komposer untuk film ini berhasil membawa pulang piala BMI Film Music Award tahun 1991 serta mendapat nominasi dari Award of the Japanese Academy juga ditahun 1991, pertanyaannya apakah akan ada film Die Hard 5 ?? hanya tinggal menunggu waktu saja meski hal itu sangat riskan mengingat usia Willis yang sudah semakin tua.

Rating :
1.2.3.4.5.6.7.8.9.10

2 komentar:

  1. Dulu sih film ini oke banget. Lalu muncul yang ketiganya, ok juga. Tapi masih lebih suka yang kedua. Lalu muncul yang ke-4. Ternyata yang ke-4 menjadi favorit gua diantara semua Die Hard. Walaupun adegannya terlalu berlebihan, tapi gua suka. hehehe...

    BalasHapus
  2. ya gua juga suka yang keempat mas, terutama pas adegan diterowongan.. McLaine seperti jam analog diera digital, hehe

    BalasHapus

Blog ni gak seru kalo gak ada komentar anda