Kamis, 01 Juli 2010

REVIEW FILM : TWILIGHT SAGA - ECLIPSE [2010]

Pemain : Robert Pattinson, Kristen Stewart, Taylor Lautner, Dakota Fanning
Sutradara : David Slade
Tanggal Rilis : 30 Juni 2010
Distributor : Summit

Belum setahun New Moon berlalu dari layar bioskop november lalu, film ketiganya sudah mangkal dibioskop dengan gagah karena mampu menyedot twihard yang sangat banyak, ya tiket nonton Eclipse selalu sould out dan jumlah itu semakin membengkak akibat hype yang melanda ibu kota, banyak remaja putri didaerah pun kini mengaku fans berat Twilight, tak ayal hampir seluruh profil facebook menempatkan Twilight sebagai film favoritnya selain Ketika Cinta Bertasbih, meski demikian saya masih kurang begitu tau apa motivasi mereka mendadak menyukai film Twilight Saga. Masih berkisah tentang Bella-Edward, Bella-Jacob, dan Edward-Jacob, cinta segi tiga yang tak kunjung usai dan makin pelik ketika vampir Victoria berniat balas dendam dengan cara membunuh Bella, mampukah Jacob dan Edward melindungi Bella?
_
Mengapa Edward-Jacob? ya selain berkonfrontasi, mereka lalu bekerja sama, ah mengingatkanku pada film Brokeback Mountain nih. Diluar itu, kisah cinta film ini sangat bertele-tele dan terkesan dipanjang-panjangkan, mirip sinetron atau telenovela. Alangkah bagusnya bila keempat novelnya dijadikan satu film saja, namun sial film keempatnya yang bertitle Breaking Dawn akan dibuat dua jilid mengekor kesuksesan seri Harpot, bisa dibilang ini hanyalah akal-akalan produser untuk menghisap duit Twihard. Usaha Slade menampilkan bumbu action masih tanggung dan kekurangan darah, yang ada malah lebih banyaknya adegan panas disini. Pemainnya tampil buruk, Bukan, bukan karena mereka tidak bisa akting, hanya saja disini tuntutan karakternya yang tidak berkembang. Terbukti R-Patz bermain baik di Remember Me, Kristen Stewart malah dipuji kritikus lewat film The Runaways, hanya Taylor yang kurang bersinar dan hanya mengandalkan otot perutnya yang sixth-pack. Well, apapun itu, para Twihard tetap akan menggilainya baik dari para fans asli Twilight maupun fans dadakan yang ngaku-ngaku fans beratnya. Well, selamat menonton :)

7 komentar:

  1. Saya rasa anda bersikap terlalu keras thd eclipse. Menurut saya film-nya bagus kok. Saya bukan penggemar twiligh. tapi saya menikmati twilight dan eclipse. New moon hanya sukses bikin saya mengantuk. cerita vampire nya gak sama dengan film vampire lain. soal "darah" di eclipse ... mungkin anda cuman melihat pada saat perang di bagian akhir ... coba liat pada saat newborn vampire mencari mangsa ... wuih ... kayak nontong 30 days of night.

    BalasHapus
  2. Mungkin tidak sekeras yang lain juga ya, hanya saja cerita Twilight ini tidak ada perkembangan yang signifikan dari yang pertama, banyak dialog yang terasa dipanjang-panjangkan dan didramatisir, jadi ujung2nya saya jadi bosen.. hemat saya sih alangkah lebih menariknya bila empat novel itu dijadiin satu/dua film saja sepertinya lebih padat berisi tuh, hehe..

    BalasHapus
  3. saya setuju, banyak scene-scene panjang dengan dialog yang membosankan. Salam kenal btw, makasih udah di link ya, saya link balik

    BalasHapus
  4. Adithumar, Saya tambah bingung tentang apa hebatnya film ini.. bukan film jelek sih ya, cuma kok sampek segitunya gitu, hehe

    Oke makasih banyak ya, maap blog-nya mas Q taruh duluan :)

    BalasHapus
  5. bukan filmnya yg hebat sebenernya. Tp twilight saga nya, bisa bikin budaya pop baru dgn fanbase yg besar. Jadi sejelek apapun filmnya, tetep banyak yg nontonin hha.

    BalasHapus
  6. Adithumar, Produser tentu sudah mengetahui hal ini, jadi jangan kaget juga bila suatu saat akan ada Spin-Off khusus Bella, Edward, dan Jacob, mungkin ?? :)

    BalasHapus
  7. Oh ya ya lupa, sangking gusarnya nonton film Eclipse saya akhirnya nyadar, gerhananya mana ya??

    BalasHapus

Blog ni gak seru kalo gak ada komentar anda